Salah satu kelebihan WordPress adalah kemampuan yang diperkaya efisiensiwordpress-plugin dan fungsionalnya melalaui instalasi plugin. Kelebihan ini juga merupakan salah satu alasan mengapa orang memilih dan menyukai wordpress.

Plugin adalah sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar.

WordPress.org sendiri telah menyediakan ratusan ribu plugin yang siap menambah performa blog anda. Anda bisa cek disini http://wordpress.org/extend/plugins/. Ingat untuk kita tetap bijak dalam memlilih berbagai macam plugin yang ada. Pikirkan segi funsionalitasnya. Biasanya pemula senang menambahkan plugin-plugin yang tidak penting hanya untuk meramaikan blognya. (pengalaman ane :D ). Janga kuatir deh, ke depan nanti akan saya share plugin-plugin wajib dan penting saat saya membangun sebuah blog dengan wordpress.

Meng-install terlalu banyak plugin tanpa mengerti fungsinya hanya akan membuat performa blog anda menurun khususnya pada kecepatan loading

Oke, tanpa panjang lebar kita akan coba mulai menginstall plugin untuk wordpress kita. Ada beberapa cara untuk mengisntall sebuah plugin, namun apa yang akan saya share adalah cara TERMUDAH, sehingga tidak akan membuang waktu anda terlalu banyak hanya untuk memasang sebuah plugin.

1. Pilih Add New di tab Plugins pada dasboard admin
2. Ada beberapa pilihan diantaranya (dalam hal ini saya memilih Search

install-plugin-1

  • Search : Melakukan pencarian manual pada database plugin wordpress.
  • Upload : upload plugin yang telah anda download ke komputer lokal anda
  • Featured : plugin yang menjadi pilihan wordpress (bukan rekomndasi)
  • Popular : Plugin populer / yang paling banyak diunduh oleh pengguna wordpress
  • Newest : Plugin terbaru
  • Updated : Plugin yang baru saja melakukan update

3. Nah, karena saya lagi butuh “W3 Total Cache” maka saya ketikan di kolom search
4. Setelah klik tombol search plugin maka wordpress akan menampilkan plugin-plugin mendekatai kata kunci yang dipakai, nah karena ada result W3 Total Cache langsugn klik install saja di bawahnya dan wordpress akan melakukan instalasasi secara otomatis. Bersyukurlah bagi anda yang menggunakan wordpress mulai versi 3.0 ke atas, karena proses instalasi plugin seperti di atas benar-benar dimudahkan.
5. Setelah terinstall kemudian aktifkan plugin

install-plugin

6. Kemudian wordpress akan secara otomatis me-redirect anda ke halaman list plugin yang aktif maupun non aktif seperti gambar di bawah

install-plugin

7. dan WHOA! anda telah berhasil menginstall sebuah plugin. Anda bisa melakukan instalasi seperti di atas dengan plugin-plugin lainnya.

Ada saran, komentar, pertanyaan, maupun keritik jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar :) .

Hampir satu tahun yang lalu saya sudah ingin membagi ilmu internet marketing yang masih dangkal ini. Namun karena tidak percaya diri dan merasa apa yang saya ketahui biasa-biasa saja, membuat hal tersebut terus tertunda. But, I've to start now, Saya memberanikan diri untuk menuliskan lebih detail seputar tutorial cara jualan online berdasarlan pengalaman selama ini. Saya tetaplah pemalas dalam menulis artikel dan kurang detail dari segala aspek. Mohon kurang lebihnya bisa di sempurnakan. :)

Leave a Reply